News Stay Update With Us

...
Dimas Satria Nanda

4 weeks ago | Category : General

Rencana Pemindahan Pelabuhan Impor ke Timur Indonesia, Menperin Angkat Bicara

General

Jakarta, UGC Logistics, 08/01/2024 - Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita berharap Presiden Joko Widodo (Jokowi) segera menindaklanjuti usulan pemindahan pelabuhan impor tersebut. Agus menjelaskan, pihaknya telah menyampaikan usulan tersebut kepada Presiden beserta ide dan strategi yang akan dilakukan apabila pelabuhan impor tersebut benar-benar direlokasi.

"Saya sudah mengusulkan pemindahan pelabuhan tersebut kepada Bapak Presiden, termasuk konsepnya. Kami berharap akan ada tindak lanjut dari Bapak Presiden dalam waktu dekat," ujar Agus pada Kamis (19/9/2024).

Sebelumnya, Agus menyebutkan, barang elektronik, alas kaki, kosmetik, tekstil dan produk tekstil, serta barang tekstil jadi lainnya termasuk di antara tujuh komoditas yang titik masuk impornya akan dipindahkan ke pelabuhan di luar Jawa.

Agus mengklaim pemindahan ini penting karena saat ini banyak komoditas yang diimpor dari negara lain ke pelabuhan di Jawa.

Sejumlah pelabuhan utama yang saat ini menjadi andalan ternyata kelebihan kapasitas sehingga menghambat pengawasan terhadap komoditas yang masuk sehingga mendorong pemindahan pelabuhan impor.