GeNose 19, Alat Pendeteksi Covid-19 Aman dan Cepat Karya Anak Bangsa


Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, dan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan telah meninjau langsung alat deteksi Covid-19 GeNose di Stasiun Pasar Senen, pada Sabtu (23/1/2021). Luhut menyarankan agar GeNose bisa digunakan di semua publik area yang ada di Indonesia. Menurut Menteri Pehubungan Budi Karya, GeNose akan digunakan pada stasiun kereta mulai Jumat, 5 Februari 2021, baru setelah itu alat ini akan diterapkan di bandar udara.

Apa Itu GeNose? Menurut Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan GeNose C19 merupakan alat pendeteksi COVID-19 buatan ahli UGM yang digawangi oleh Dr. Kuwat Triyana dan dikembangkan bersama dengan PT. Swayasa Prakarsa di bawah dukungan UGM Science Techno Park. Alat pendeteksi virus GeNose C19 ini dapat segera di rilis pada bulan Februari sebanyak 3000 unit dengan dibandrol harga 62 juta per unit. Alat ini diharapkan dapat membantu penanganan kasus COVID-19 yang ada di Indonesia sehingga dapat segera tersebar ke seluruh Puskemas di Indonesia.

Bagaimana Cara Kerjanya? GeNose merupakan inovasi pertama di Indonesia untuk pendeteksian COVID-19 melalui hembusan nafas yang aplikasinya terhubung dengan sistem cloud computing untuk mendapatkan hasil diagnosis secara real time. Hanya dalam hitungan cepat, sesaat seseorang setelah bernafas dengan sensitifitas 90%, spesifitas 96%, akurasi 93%, dengan PPV 88%, dan NPV 95%. GeNose C19 juga mampu bekerja secara paralel melalui proses diagnosis yang tersentral di dalam sistem sehingga validitas data dapat terjaga untuk semua alat yang terkoneksi. Data yang terkumpul di dalam sistem selanjutnya dapat dimanfaatkan untuk keperluan pemetaan, pelacakan dan pemantauan penyebaran pandemi secara aktual. Selain itu, biaya penggunaan GeNose pun lebih terjangkau untuk masyarakat yakni hanya sekitar Rp15-20 ribu.

Apakah Aman digunakan? Alat yang dikembangkan oleh Prof. Dr. Eng Kuwat Triyana bersama timnya menjalani uji diagnostik pada Oktober 2020. Pada 24 Desember 2020, GeNose mendapat izin dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Setelah mengantongi izin edar dari Kemenkes tim dari UGM akan melakukan penyerahan GeNose C19 hasil produksi massal batch pertama. Jadi, masyarakat tidak perlu ragu untuk menggunakan GeNose

Apa Kelebihan GeNose? Selain lebih cepat dan praktis, GeNose juga menjadi solusi untuk keluhan masyarakat Indonesia mengenai syarat bepergian yang kian mahal yaitu rapid Atnibodi dan Rapid Antigen. Karena biaya yang diperlukan agar masyarakat dapat menikmati kecanggihan alat ini hanyalah 15-20 ribu Rupiah, sangatlah terjangkau. Nah, dengan adanya Genose ini diharapkan penanganan Covid-19 semakin efisien dan efektif. GenNose juga membuktikan bahwa karya anak bangsa juga tak kalah dengan produk asing. Genose juga merupakan produk pertama di dunia yang mendapat izin emergency use authorization, hal tersebut membuktikan bahwa Indonesia merupakan negara yagn hebat dan membanggakan.

Sumber : Kompas & Itjen Kemendikbud

Kamis, 28 Januari 2021

Writer by Ahmad

Post by Laras

HEAD OFFICE

P : +62-21 835-0778
F : +62-21 835-0219
Website: http://utamaglobalindocargo.com

Jl. Prof Soepomo SH No.45 BZ Blok C,
Tebet, Jakarta Selatan 12810
INDONESIA

OFFICE & WAREHOUSE

P2 : +62-21 2201-6518
P2 : +62-21 2201-6519

Jl. Raya Cikunir No. 58 Jati Asih
Bekasi 17423
INDONESIA

Join our Newsletter

Sign up for our newsletter for all the
latest news and information

Share via Whatsapp