News Stay Update With Us

...
Dimas Satria Nanda

6 months ago | Category : Ekspor

Kinerja Ekspor Impor Melemah, Namun Bisnis Peti Kemas Terus Meningkat

Ekspor

Jakarta, UGC Logistics 08/11/2023 -  Ekonomi Indonesia tumbuh melambat pada kuartal III/2023. Lantas seperti apa kondisi tersebut pada bisnis peti kemas?
 
Arif Suhartono, Presiden Direktur Pelindo, menyatakan industri peti kemas tidak terkena dampak signifikan akibat perlambatan ini. Industri peti kemas hingga saat ini masih didominasi oleh kebutuhan dalam negeri. Lebih lanjut, Arif mengatakan kebijakan hilirisasi industri dapat meningkatkan daya beli masyarakat sehingga berdampak pada peningkatan permintaan peti kemas.
 
Arif Suhartono mengatakan " kalau kita lihat data yang ada jadi total kontainer di Indonesia itu 1 tahun sekitar 17 juta itu lebih dari 50% mungkin sekitar 56% itu masih eh petikemas domestik Sedangkan untuk ekspor impor adalah sekitar 40 -5 something. ini adalah apa ya ,gambaran terkait dengan jumlah kontainer dan sampai dengan triulan ketiga itu adalah lebih dari 12 juta gambarannya kurang lebih sama Jadi kalau tadi, sekitar 53 % itu adalah untuk domestik jadi kita harapkan pertumbuhan traffic domesstik itu lebih tinggi dibandingkan interasional, dan kita berharapkan bahwa apa yang disampaikan pemerintah apa program-program pemerintah terkait dengan helirisasi dari suatu atau produk Indonesia.